Yuhuuu … Sushi Cooking Class :D

Meski #Misi21 udah selesai dijalankan, tetapi ada misi yang mau diterusin yaitu jago buat sushi haha. Bukan apa – apa, cuma karena emang seneng makannya.

Anyway … tanggal 26 Februari 2011, tepatnya 8 hari setelah kelar #Misi21 janjian ama @novitalianochay buat sushi cooking class di SAKURA your personalized Japanese Restaurant. Sabtu pagi udah janjian jam 8.30 pagi di kantor … (satpam binun ngkali ngeliat gw sabtu pagi udah ngendon di kantor hehe). Kita berangkat actually jam 8.5o menuju ke arah Pondok Indah via tol. Jalan lancar, dan restoran-nya cepet ketemu, tetapi secepet-cepetnya juga 1 jam perjalanan. So … 10 menit menjelang kelas dimulai (ngomong-ngomong … kita ber-2 orang pertama lho ternyata yang nyampe dari info 12 orang yang ikut class … hihi)

Kita mulai dengan demo bagaimana nge-roll sushi, karena semua bahan sudah jadi termasuk juga nasinya (yaaaaaah …. padahal justru pengen tahu bikin nasinya karena kalau mau bikin sushi yang susyaaah itu bikin nasinya). Meskipun demikian .. dengan tetep semangat kita melototin chef yang ngajarin kita .. namanya Chef Kus (awal kita kira orang Japanese … gak taunya orang Javanese hohoho). Chef yang satu ini gak pelit dalam kasih trik-trik gak cuma terkait sushi namun beberapa masakan Jepang lain.

So .. untuk buat nasi dan bahan isi sushi .. beliau hanya menjelaskan secara verbal. Beberapa tips and tricks perlu dicatet .. karena penting banget deh .. serta gak ada di catatan yang dikasih ke kita-kita. Hari itu kita rencana buat bikin California Roll, Ebi tempura Roll, Orek tempe roll, Tuna maki, ama salmon skin roll (yang kemudian diganti chicken skin roll – salmon mahal kali yach?? :D)

Demo berlangsung 2 jam , sampai jam 12 siang. Kemudian kita makan siang dan pesan makanan di restoran tersebut. Biaya cooking class gak termasuk makan siang di dalamnya. Dan pastinya … kita nyobain gulungan sushi yang dibuat chef saat demo .. hmmmm yummmy banget.

Abis makan siang .. kita masuk ke ruangan yang udah siap dengan semua peralatan buat kita praktek. Yahoooo …. ini yang ditunggu-tunggu 🙂

Saat praktek … gak segampang waktu kita liat demo, meskipun kita prakteknya hanya nge-roll sushi. Dengan susah payah, jadilah 5 jenis sushi yang sebelumnya dipraktek-kan. Serunya lagi … sushi-sushi itu boleh dibawa pulang .. asyik .. asyik 🙂

Pengalaman ini merupakan pengalaman pertama. Ikut-ikut kelas masak seperti ini seruuu banget. Karena belajar awalnya, kemudian sampai nyoba sendiri dan ada hasil yang di bawa pulang .. puaaaaasssss banget rasanya. Meski masih agak ancur-ancur hasil sushinya … tapi teteup puas … termasuk puas makannya hahahaha.

Advertisements