“iih, kok nanya-nanya mulu sih?”

Beberapa waktu lalu, saya sempat bertemu dengan seorang kreatif yang luar biasa, . Sebuah pernyataan beliau yang ‘jleb’ banget di dalam hati saya adalah: ” Jangan terlalu bangga kalau kita mampu menjawab. Apabila kita tidak mampu bertanya maka hal tersebut percuma jadinya” 

Saya setuju 1000% untuk pernyataan beliau ini, meskipun saya bukan orang yang senang dan pandai bertanya. Saya sudah berkecimpung mengajar anak-anak selama 22 tahun, dan bertahun-tahun memegang fungsi training menyetujui kalau kemampuan bertanya (Questioning) merupakan kemampuan yang maha penting! Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa dengan bertanya kita berpikir, jadi kalau kita tidak bertanya, …..??  (Nah lho!!)

Bertanya (Questioning) merupakan kemampuan kunci untuk kita memperoleh informasi, dimana informasi yang kita peroleh kita pakai untuk belajar, untuk membantu kita menyelesaikan permasalahan, untuk membantu kita dalam proses mengambil keputusan, dan (penting!) untuk memahami sesama dalam interaksi kita dengan orang lain.

Dalam sesi coaching , sesi konseling, bahkan membawakan Training, bertanya merupakan andalan saya. Bukan hanya mengajukan pertanyaan yang saya susun pada orang lain, akan tetapi saya mendorong mereka sendiri menyusun pertanyaan. Bagian yang saya suka saat saya meminta mereka menyusun pertanyaan adalah; di momen mereka bertanya maka mereka tersadar atau bahkan telah mendapatkan jawabannya. Dan dalam setting konseling, mereka mendapatkan solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Ajaib kan?

Bertanya menjadSemangkai dasar untuk berpikir kritis yang bermanfaat besar pada kemampuan kreatif kita (yang diyakini juga oleh Kang @motulz). Sebagai contoh “Apakah semua semangka harus bulat?”,”Mungkinkah kalau semangka tidak bulat?” Pertanyaan-pertanyaan ini yang mendasari petani semangka di Jepang menghasilkan semangka kotak (dan bahkan ada yang bentuk hati :)). Kreatif bukan?

Sesi training terakhir yang saya bawakan adalah kelas Psikologi dalam L-Men of the year 2014. Tugas yang saya minta pada 16 finalis adalah “Pertanyaan-pertanyaan yang ingin mereka ketahui dalam kelas Psikologi”. Setiap orang bebas menuliskan sebanyak-banyaknya pertanyaan, dan saya mendapatkan total 43 pertanyaan 🙂

Dan ternyata seru pake binjitttssss bacain pertanyaan-pertanyaannya:

  1. Ingin mengenal diri sendiri dan pribadi
  2. Bagaimana cara mengatasi berbagai kepribadian?
  3. Mengetahui pribadi dan sifat orang?
  4. Apa itu Psikologi?
  5. Pendekatan apa yang dipakai untuk menilai orang?
  6. What is the correlation between OCD & Perfeksionis
  7. Bagaimana cara menghilangkan / merubah distress menjadi stress
  8. Belajar pengendalian diri?
  9. Gimana caranya pengendalian diri itu?
  10. Apakah bisa segala sesuatu harus diawali dengan pengendalian diri?
  11. Bagaimana memaknai ikhlas
  12. Bagaimana mengikkhlaskan orang yang sudah meninggal ketika muncul rasa rindu?
  13. Kalau punya teman khayalan bagaimana mengatasinya?
  14. Bagaimana memberanikan diri ‘membagikan hidup’ untuk orang banyak yang membutuhkan?
  15. Bagaimana melepaskan diri dari hal-hal duniawi dengan gemerlap uang dan tidak berfokus pada finansial?
  16. Bagaimana caranya tidak menjadi emosional?
  17. Bagaimana melawan rasa ketakutan apapun dalam diri?
  18. Mengapa banyak orang beribadah dengan baik tetapi hidupnya tidak menjadi terang atau berkat?
  19. Ada berapa macam kepribadian?
  20. Bagaimana saya menyikapi kepribadian saya dan orang lain di sekitar saya?
  21. Saya ingin belajar mengetahui cara membaca karakter orang
  22. Pengen tanya tips dan trick membaca bahasa tubuh orang. Mengapa? Karena pada akhirnya nanti soft skill yang paling dibutuhkan dalam organisasi maupun kehidupan.
  23. Saya mau belajar tentang kepribadian dan potensi yang saya miliki lebih dalam lagi dan bagaimana menjauhi stres?
  24. Bagaimana cara agar kita bisa tahu orang yang menyukai kita atau tidak hanya dengan melihat wajahnya?
  25. Pengen nanya apa yang harus dilakukan agar orang yang tidak menyukai kita bisa menjadi menyukai pribadi kita? Mengapa? Karena saya ingin tidak ada orang yang tidak menyukai saya ketika kami berkumpul bersama.
  26. Mau belajar tentang kepribadian emosional seseorang
  27. Mengapa orang bisa marah padahal itu orang yang dicintainya?
  28. Pribadi itu sudah diciptakan atau terbentuk oleh seiringnya waktu?
  29. Kenapa tiap orang kadang selalu berbeda dengan ucapannya dan tindakannya?
  30. Mengapa setiap orang berbeda karakter?
  31. Apakah dengan tes Psikologi bisa mengetahui karakter orang tersebut?
  32. Ingin mempelajari bagaimana mengetahui seseorang sedang berbohong?
  33. Mengapa saat banyak kesibukan, diri menjadi sensitif dan mudah emosi. Bagaimana mengatasinya?
  34. Bagaimana cara membaca kepribadian seseorang dan bagaimana cara seorang psikolog mensiasati untuk menenangkan dan meyakinkan si orang tersebut?
  35. Bagaimana cara menilai kepribadian orang dengan cepat? Karena saya sering berinteraksi dengan banyak orang?
  36. Bagaimana mengontrol emosi?
  37. Bagaimana cara berpikir selalu positif?
  38. Kenapa manusia selalu merasa menghadapi fase di atas dan di bawah?
  39. Kenapa lingkungan bisa dianggap bisa mengubah karakter seseorang?
  40. Bagaimana menghadapi energi negatif di lingkungan kita?
  41. Belajar menjadi pemimpin yang baik dalam perusahaan?
  42. Belajar ilmu basic Psikologi
  43. Bagaimana membaca seseorang dari gerakan fisik/muka?

Meskipun saya jadi Psikolog sudah lama, pertanyaan-pertanyaan di atas tetap ‘memaksa’ saya berpikir dan me’recall‘ teori yang saya pelajari dan pengalaman-pengalaman saya. Jadi Psikolog juga KUDU terus belajar!

Menguasai kemampuan bertanya itu syusah lho! Dan bagaimana kita metode kita bertanya butuh dipelajari! Banyak berlatih dan belajar untuk bertanya, praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, saya yakin manfaatnya banyak … setidaknya kita jadi sadar kalau banyak yang kita tidak tahu dan butuh terus belajar! Setuju??

Jadi …. apa pertanyaan-pertanyaanmu??

"Not to stop Questioning!"

(Note: yang pinter kayak Einstein aja bertanya, masa kita sok ga mau bertanya? Emangnya dah sepinter Einstein kita? :P)

Advertisements